Sanketa (kode)
adalah sebuah bagian integral dari abhivyanjana. Setiap code adalah
sebuah keharusan dalam termanifestasikannya bhava (emosi). Sanketa merupakan
simbol yang teroganisir dalam aturan-aturan yang spesifik. Sebagai contoh,
bahasa adalah sebuah sanketa. Sehingga para pengirim informasi
menyederhanakan kode-kode yang ada. Agar komunikasi bisa berhasil, baik pengirim maupun penerima informasi harus memahami kode-kode yang digunakan. Abhivyanjana dapat berupa kode verbal maupun non-verbal, dan kedua kode dapat digunakan secara
simultan.
Pada abhivyanjana verbal,
kata-kata/bahasa digunakan sebagai kode. Proses abhivyanjana terdiri
dari empat tahap. Mengacu ke konsep bahasa sebagai kode yang dipahami dalam
linguistik bahasa Sansekerta dan filsafat bahasa Hindu. Di sini, ada empat
tingkatan kata atau tahapan bahasa (Shabda atau Vak) yang
melewati: para, pashyanti, madhyama dan akhirnya kata yang
terucap atau vaikhari. Dengan kata lain, bhava dapat
dirasakan secara eksternal hanya ketika datang ke tingkat vaikhari.
Vaikhari Vak adalah
bentuk perwujudan kata yang dalam hal ini berada pada tingkat yang paling
eksternal. Kata tersebut sering diucapkan oleh pembicara dan didengar oleh pendengar.
Sebelum diucapkan, kata atau Vak berada dalam pikiran atau
intelektualitas, dan disebut sebagaimadhyama. Ini adalah ide, atau
serangkaian kata-kata, sebagaimana dipahami oleh pikiran setelah mendengar atau
sebelum berbicara keluar. Ini dapat dianggap sebagai pidato dalam diri. Selanjutnya dan tahap terdalam, menurut Bhartrihari, adalah pashyanti Vak. Pashyanti adalah Vak pada tingkat intuisi
langsung, dan dapat dipahami melalui pengalaman. Di sini, manusia mendapatkan
pengalaman langsung dari vakya-sphota, sebagaimana yang
dikatakan Bhartrihari. Dalam Vakyapadiya dan
komentar Vritti nya, istilah ‘para’ tidak digunakan untuk
menunjukkan tingkat keempat dalam berbicara. Bhartrihari mengatakan berbicara
dibagi menjadi tiga bagian, dan ia memperlakukan tingkat ketiga (pasyanti) sebagai
akhir. Hal ini kemudian dalam tradisi bahwa nama ‘para’ muncul, mengacu pada
tingkat keempat. Para Vak adalah Shabda Brahman.
Dalam kasus abhivyanjana non-verbal,
komunikator memiliki berbagai macam kode alternatif. Bharata Muni menggambarkan
alternatif dari abhivyanjana termasuk gerakan anggota badan, representasi
melalui make up dan ekspresi temperamental yang disampaikan
lewat berbagai suara. Beberapa dari mereka sepenuhnya menangani aspek
non-verbal sementara yang lain terdiri beberapa bentuk tersebut. Di bawah angika
abhinaya, ia telah mengarahkan sebanyak 122 jenis karma (seni pertunjukan
atau abhinayas) dengan menggunakan enam Anga (tubuh) dan enam upangas
(penyukung tubuh) dari tubuh manusia (Adhikary, 2007d).
Menurut Bharata Muni, setiap bhava dikaitkan
dengan baik pengalaman indrawi maupun emosi estetis. Dia menganggap bhavas sebagai
representasi kondisi mental. Mereka tidak datang dari luar, melainkan mereka
selalu tetap dalam pikiran. Namun, mereka tidak selalu dalam keadaan yang
terbangun. Mereka harus atau diaduk oleh faktor eksternal yang disebut vibhava yang
merupakan stimulus atau penentu seperti lagu, burung, gambar, dll. Vibhava mungkin
berupaalamvana atau uddipana. Ketika kita melihat
seekor ular, spontan muncul emosi tertentu yang mana emosi tersebut
disebut alamvana vibhava. Rasa takut akan meningkat karena gerakan
lidah ular dan stimulus tersebut memberikan kontribusi untuk peningkatan vibhava yang
disebut sebagai uddipana vibhava.
Setelah bhavas dirangsang
karena vibhava, anubhava telah di sana, yaitu,
semacam manifestasi yang sekilas, mengangkat mata, senyum, dll. Anubhavas bisa
sesuatu yang internal atau eksternal. Bharata Muni telah mengidentifikasi tiga
anubhavas internal dan delapan yang eksternal. Parabhavas perlu
semacam kode untuk manifestasi mereka. Untuk ini, mereka harus melewati prosesabhivyanjana.
Dengan selesainya proses abhivyanjana, bhavas bermanifestasi
sebagai sandesha. Dengan kata lain, sandesha adalah
sebuah pesan yang merupakan manifestasi dari bhava yang
menjadi bentuk (kode) agar dapat dipahami oleh indera. Ini menjadi
semacam feedback bahwa si pengirim ingin menyampaikan kepada
si penerima. Ini adalah produk fisik yang sebenarnya bahwa sumberencode,
dan di mana alat indera penerima dapat mendeteksi. Dengan kata lain, hal
tersebut adalah ide kode yang menyampaikan makna. Hanya dengan melakukan ‘namaste’ untuk
menjelaskan semua pesan filosofi ‘Adwaita Vedanta’.
Pesan dalam verbal atau non-verbal
mungkin tergantung pada encoding yang dilakukan oleh pengirim. Dalam kasus
Natyashastra, pesan telah dibedakan sebagai angika (gerakan
anggota badan), vachika (penyampaian lisan), aharya
(representasi melalui kostum, make up dan perangkat eksternal) dan sattvika (emosi
dan konsentrasi), masing-masing terdiri berbagai jenis. Misalnya, angika terdiri
dari tiga jenis, sedangkan vachika memiliki dua belas bentuk.
Untuk transmisi sandesha,
perlu ada sarani (saluran atau media), yang merupakan sarana
di mana perjalanan sandesha melintasi ruang. Pesan yang
dikirim oleh sumber atau pengirim tidak dapat mencapai penerima tanpa saluran
atau media. Saluran mungkin sesuai alami untuk sifat biologis manusia seperti:
auditori (pendengaran), taktil (menyentuh), visual (melihat), penciuman (bau)
dan rasa (mencicipi melalui pengecap di lidah) saluran. Saluran bisa berupa
yang artifactual seperti lukisan, patung, surat, dll. Kedua jenis saluran
secara luas dijelaskan dalam Natyashastra. Saluran mungkin berupa benda mekanik
seperti telepon, radio, TV, komputer dan sebagainya. Perlu untuk mempelajari
apakah teks mewarisi konsep semacam saluran mechanical.
Komunikasi perspektif Hindu tidak
akan selesai kecuali kedua manas (pikiran) dan sharira (tubuh
manusia) dipahami sebagai sarani. Setidaknya hal tersebut merupakan
media guna mencapai proses komunikasi pada dimensi spiritual. Manas dianggap
sebagai indriya keenam (organ sensorik) dalam kepercayaan Hindu dan dianggap
sebagai vibhu (master) dari panca indera. Namun, vibhu bukanlah
otoritas tertinggi dalam hal ini. Sang vibhu adalah atman.
Melampaui dari kehidupan mental merupakan fondasi dari filosofi Hindu. Bahkan,
kehidupan manusia adalah sarana, bukan akhir. Dalam kepercayaan Hindu, tubuh
bukanlah kebenaran hakiki meskipun sangat penting untuk eksistensi duniawi.
Tubuh hanya tempat tinggal sementara atman, dan itu adalah alat atau sarana
yang digunakan oleh atman. Dengan kata lain, sharira adalah sarani(saluran)
dengan menggunakan atman yang telah mencapai moksha.
Dengan penggunaan yang tepat dari
berbagai saranis seperti dibahas di atas, pengirim berhasil
mengirimkan pesan ke penerima. Seperti abhivyanjana sangat
penting bagi pengirim sedangkanrasaswadana untuk penerima. Istilah
yang digunakan di sini harus dipahami sebagai ‘istilah teknis’ yang membawa
berbagai makna. Radiusnya adalah dari menerima pesan ke decoding dan
menafsirkan pesan dan akhirnya ke pencapaian rasa tersebut.
Hindu ortodoks menggunakan istilah ini untuk merujuk pada pengalaman rasa oleh
penerima (sahridaya). Dalam kasus komunikasi manusia yang bersifat
kasual, rasaswadana dikatakan berhasil jika penerima membagi
pesan sebagaimana dimaksud oleh pengirim. Namun, dimensi spiritual melampaui
hal tersebut.
Tidak semua komunikasi menghasilkan
pencapaian rasa dalam bentuk yang ideal. Rasa adalah esensi
atau kenikmatan estetika. Bharata Muni mengistilahkan hal ini sebagai rasa karena
hal tersebut layak untuk dinikmati. Ada rasa unik untuk
setiap bhava. Menurut Bharata Muni, kombinasi vibhavas dan anubhavas bersama
dengan vyabhichari bhavas akan menghasilkan rasa.
Ini adalah sthayee bhava yang mengarah ke rasa.
Apa yang terjadi adalah sthayee bhavadirangsang oleh vibhava di
dalam pikiran dan akan meningkat dengan anubhava dan sanchari
bhava, dan pikiran akan sangat menerima pengalaman rasa pada
pengalaman ini.
Masalah bagaimana makna dari pesan dicapai telah banyak diperdebatkan oleh para sarjana dan filsuf. Misalnya, ada perdebatan mengenai unit makna. Beberapa melihat kata-kata sebagai unit makna dalam komunikasi verbal, dimana Bhartrihari menganggap total kalimat sebagai unit dari makna. Bahkan jika sebuah kata diambil sebagai unit makna terdapat pandangan yang beragam tentang apa jenis entitas yang ditandai oleh kata.
Masalah bagaimana makna dari pesan dicapai telah banyak diperdebatkan oleh para sarjana dan filsuf. Misalnya, ada perdebatan mengenai unit makna. Beberapa melihat kata-kata sebagai unit makna dalam komunikasi verbal, dimana Bhartrihari menganggap total kalimat sebagai unit dari makna. Bahkan jika sebuah kata diambil sebagai unit makna terdapat pandangan yang beragam tentang apa jenis entitas yang ditandai oleh kata.
Empat tingkat kata dalam kasus abhivyanjana yang
memiliki tingkatan yang sesuai ketika mencoba rasaswadana. Sedangkan shravana sesuai
dengan vaikhari, sebagaimana manana, nididhyasana dan
sakshatkara dengan madhyama, pashyanti dan para masing-masing.
Tidak semua orang yang terlibat dalam komunikasi akan melalui semua tahapan
dari abhivyanjana dan rasaswadana. Sadharanikaran (komunikasi)
sebagai kegiatan sosial dan mental akan hanya membutuhkan vaikhari dan madhyama di
bagian pengirim dan shravana dan manana di
bagian penerima. Tapi, dimensi spiritual dari proses tersebut juga akan membutuhkan
tingkat lanjut. Dengan kata lain, tidak semua pihak yang berkomunikasi akan
mencapai rasaswadana dalam bentuk yang ideal. Sebaliknya, itu
hanya dapat dialami oleh sahridayas dalam arti ideal istilah.
Bharata Muni menjelaskan sadharanikaran sebagai
titik klimaks dari drama ketika penonton menjadi satu dengan aktor yang
menempatkan pengalaman melalui aktingnya di atas panggung dan secara bersamaan
menghidupkan kembali pengalaman yang sama. Proses ini telah digambarkan
sebagai rasaswadana. Ketika sadharanikaran terjadi,
berbagi atau penyatuan dari pengalaman telah berlangsung dalam bentuk yang
penuh. Menurut Bhattanayak, esensisadharanikaran adalah untuk
mencapai generalisasi atau kesatuan antara orang-orang.
Dua hal yang harus dicatat di sini.
Pertama, vak (kata atau ucapan) dalam kontinum para-sakshatkara diidentifikasi
dengan sang Brahman. Oleh karena itu, sakshatkara adalah
keadaan mengalami Diri sebagai Brahman (“Aham Brahma asmi“). Kedua,
Brahman dianggap sebagai rasa tertinggi (“rasovaisah“) dan
karenanya rasaswadana di dalam tujuan utamanya akan
menjadi rasaswadana dari Brahman. Dalam tahap ini juga ada
kesatuan Diri dan sang Brahman. Dalam kedua hal, sadharanikaran memenuhi
syarat untuk menjadi sarana bagi tercapainyamoksha (Adhikary,
2007c).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar